Mengapa harus Hibernate?

Home / Java / Mengapa harus Hibernate?

Sebelum menjawab mengapa, kita harus tau pengertian hibernate dulu. Apa itu Hibernate? Hibernate adalah Framework untuk Object Relation Mapping (ORM) yang mana pada hibernate memetakan objek-objek kedalam database. Object Relational Mapping  merupakan teknik pemrograman yang memetakan sebuah objek dengan database. ORM merupakan ‘jembatan’ penghubung antara objek yang dibuat dalam program dengan database sehingga dalam implementasinya tidak perlu lagi menggunakan query SQL dalam memanipulasi data di database karena objek yang dibuat dimapping sehingga ORM yang akan mengeksekusi ke dalam database.

Kenapa harus menggunakan Hibernate? kenapa tidak menggunakan koneksi JDBC biasa saja? Nah dibalik pupular nya Hibernate, dipastikan Hibernate memberikan keuntungan dalam implementasinya. Kan gak mungkin mengimplementasikan suatu teknologi tapi tidak berguna.

Menggunakan JDBC polos tanpa library memang mudah, karena tidak perlu pusing mempelajari library lain. Tapi ada beberapa keterbatasan dan kesulitan, diantaranya:

  • Semua method throws Exception, sehingga kode program kita menjadi kotor dengan try-catch
  • Tidak ada manajemen koneksi database, kita harus buka-tutup sendiri
  • Tidak ada declarative transaction, kita harus secara manual melakukan begin-commit/rollback

Ada beberapa alasan mengapa menggunakan Hibernate.

  1. Untuk Mempermudah menghandle koneksi

Menggunakan JDBC  kita harus membuat sendiri proses koneksi Java dengan Database. Biasanya menyediakan class khusus untuk menghandle koneksi. Sebaliknya dengan menggunakan Hibernate atau ORM lainnya programmer tidak perlu lagi repot repot membuat koneksi sendiri. Hibernate sudah membuatkannya untuk kita, tinggal panggil method2nya, hal ini jelas memudahkan programmer.

  1. Menggunakan ORM khususnya Hibernate membuat object sesuai dengan schema database

Dengan menggunakan ORM khususnya Hibernate kita akan membuat sebuah object atau model yang memiliki attribut yang schemanya harus sama dengan database. Jika tidak biasanya proses input dan lain lain tidak akan berjalan dengan baik atau dengan kata lain proses query akan gagal. Jadi penggunaan Hibernate secara tidak langsung akan memaksa kita membuat design database dengan lebih baik untuk menghindari error dikemudian hari.

  1. Meningkatkan Produktivitas

Hal ini jelas didapat jika menggunakan Hibernate dibanding JDBC biasa. Jika kita coba bandingkan melakukan sebuah proses insert data antara Hibernate dan JDBC pasti kita lansung mengerti. Untuk insert dengan JDBC kita harus membuat query sendiri kemudian membuatkan prosesnya read string query agar diproses kedatabase jelas ini akan memerlukan beberapa baris coding yang lumayan banyak. Jika dilakukan dengan Hibernate ini hanya akan membutuhkan beberapa baris saja tanpa harus membuat query manual karena itu sudah dijalankan oleh  method Hibernate sendiri. Hibernate memang membuat codingan lebih simple dan sederhana

  1. Memudahkan untuk maintenance

Hibernate membuat codingan jadi lebih simple dan nggak banyak code dibanding JDBC akan sangat memudahkan kita untuk melakukan debug dibanding JDBC  biasa. Selain itu juga dengan Hibernate lebih menekankan bisnis logic dari pada hanya sekedar query qiery biasa. Dan yang paling penting sedikit coding lebih mudah untuk direfactor.

5.Open source software

Banyak komunitas yang menggunakannya dan juga gratis. Sangat menarik bukan.

6.Tingginya permintaan programmer yang ngerti Hibernate

Ini point yang menarik, percuma kita punya banyak skill programming tapi pasar nggak membutuhkannya.

Selain itu Hibernate memberikan keuntungan lain seperti :

  • Mapping dari result set menjadi Java object
  • Mapping dari Java object menjadi isi parameter PreparedStatement
  • Cache
  • Cascading operation
  • Generate primary key secara otomatis
  • dsb

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *