Enterprise Java Bean

Home / Java / Enterprise Java Bean

EJB atau kepanjangannya Enterprise Java Bean merupakan implementasi komponen bisnis / business layer yang tersedia pada bahasa Java platform Java Enterprise Edition.

Ada 3 macam EJB dalam spesifikasi EJB versi 3.0 (EJB3) :

a. Session Bean
Session bean adalah EJB yang digunakan untuk mengeksekusi proses. Isi dari Session Bean ini biassanya berupa kata kerja (transfer, pay, calculate, updateData, dll). Stateless Session Bean (SLSB) adalah Session Bean yang tidak menyimpan state (keadaan) pada setiap kali eksekusi. Berbeda dengan Statefull Session Bean (SFSB) yang dapat menyimpan state. State ini dapat kita gunakan misalnya untuk menyimpan informasi user atau barang-barang yang sudah dibeli (pada kasus online shop).

b. Entity Bean
Entity Bean adalah EJB yang digunakan untuk mempermudah manipulasi database. Konsepnya adalah Object – Relational Mapping (ORM) yang berarti memetakan object dengan data di dalam database. Entity Bean sebenarnya adalah spesifikasi “bawaan” dari versi EJB sebelumnya yaitu EJB 2.1. Dalam EJB3, ada API lain yang lebih sederhana yaitu Java Persistence API (JPA). Sekarang orang lebih banyak menggunakan JPA dibandingkan Entity Bean.

c. Message Driven Bean
Message Driven Bean (MDB) adalah EJB yang digunakan untuk keperluan messaging menggunakan Java Messaging Service (JMS).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *