Mengenal Bahasa GO dari Google

Home / Software / Mengenal Bahasa GO dari Google

Golang adalah sebuah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Google pada tahun 2007, kemudian Google memperkenalkannya kepada publik pada tahun 2009. Berarti Golang sudah berumur 5 tahun, tapi kenapa Golang belum begitu populer dikalangan praktisi IT atau para Programmer ? Setidaknya itu yang menjadi pertanyaan saya saat ini. Kita tahu tidak semua produk Google menjadi raksasa dilingkungannya, kenyataannya beberapa produk Google perlahan lenyap karena tidak begitu populer seperti Google Waves, misalnya. Namun bukan berarti Golang akan bernasib sama seperti produk gagal Google lainnya.

Sifatnya yang Open Source dan dengan banyaknya pendapat bahwa Golang adalah bahasa yang paling mudah dipahami bisa saja menjadi sebuah eskalasi yang baik bagi perkembangannya, pasalnya sampai saat inipun Golang masih terus dikembangkan, dan kabar baiknya bahwa orang yang mendesain awal bahasa ini adalah orang-orang yang tidak akan Anda ragukan lagi kredibilitasnya. Meraka adalah Robert Griesemer, Rob Pike, dan Ken Thompson. Robert Griesemer adalah salah satu staff Google yang menangani Javascript Engine V8, Rob Pike sendiri adalah seorang Software Engineer yang berada dibalik bahasa pemrograman Limbo dan kini bekerja di Google, sedangkan Ken Thompson yang lebih dikenal dengan Ken dikalangan para hacker ini adalah penemu bahasa B yang merupakan predecessor dari bahasa C.

Seorang penjual makanan tidak mungkin membeli makanan di warung orang lain untuk membuktikan bahwa makanan dari warungnya adalah yang paling enak. Begitu juga Google. Jika Anda membaca bagian FAQ dari Golang, anda akan menemukan jawaban bahwa Google juga memakai Golang untuk beberapa produknya.

Dan ternyata bukan hanya Google saja yang menggunakan Go, dari perusahaan-perusahaan besar sampai startup-startup pun beberapa telah memakai Golang diantaranya seperti Soundcloud, Heroku, BBC, Cannonical, sampai Nokia-Siemens Network (Sumber).

Dari tahun ketahun popularitas Java semakin turun. Namun kehadiran Go harus kita apresiasi sebagai angin segar bagi perkembangan teknologi. Sudah saatnya setiap orang belajar pemrograman sebagai suatu bentuk pelatihan logika seperti halnya belajar matematika. Jika dulu kita melihat istilah Pemrograman sebagai sesuatu yang memusingkan dan susah untuk dipahami, sekarang bukan zamannya lagi. Pasalnya Golang disebut-sebut sebagai bahasa yang mudah dimengerti bahkan oleh orang yang belum pernah belajar pemrograman sekalipun. Lantas apa saja keunggulan Golang ?

1. Golang bersifat aman (type-safe, memory-safe)

2. Dirancang untuk perangkat keras modern (multicore, networking, dll)

3. Kompilasi yang sangat cepat

4. Sangat powerful dalam hal Konkurensi / fleksibilitas terutama untuk menangani penggunaan stack.

5. Perangkat lunak yang memiliki ketahanan yang baik (Backend, webserver, dll)

6. Bersifat Open Source

7. Dikembangkan oleh perusahaan besar, yep Google.

8. Clean Syntax dan mudah untuk dipahami

Bisa jadi Go ini akan menjadi bahasa pemrograman untuk development Android, seperti Swift pada iOS beberapa waktu lalu. Saat ini development native Android memang menggunakan Java yang merupakan produk dari Oracle. Tidakkah lucu perusahaan sebesar Google membiarkan bayinya sendiri digendong oleh orang lain ? Bukan tidak mungkin alasan Google memakai Java untuk native Android adalah salah satu cara untuk menarik para developer untuk membuat aplikasi sebanyak mungkin sebagai salah satu cara meningkatkan popularitas Android, pasalnya saat itu Java memang bahasa pemrograman yang sangat populer. Bisa saja ketika orang sudah familiar dengan bahasa Go, Google melakukan migrasi besar pada pembuatan aplikasi Android

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *